Mahasiswa Magang 2 Prodi PGMI IAIN Palangka Raya di MIS DARUSSA’ADAH PALANGKA RAYA

Palangka Raya, -- Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah  IAIN Palangka Raya menyelenggarakan program magang 2. Pada magang 2 ini  mahasiswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang sesungguhnya. Dimulai dari penyusunan persiapan pembelajaran, pelaksanaan  pembelajaran sampai dengan evaluasi. 

Program magang 2 ini dilaksanakan mulai tanggal 27 September - 27  November 2023. Pada program magang 2 ini, panitia membagi mahasiswa  menjadi 15 kelompok yang disebar ke beberapa MI/SD yang ada di kota  Palangka Raya. Salah satu sekolah yang menjadi tempat magang 2 mahasiswa  IAIN Palangka Raya yaitu MIS Darussa'adah.

MIS Darussa'adah terletak di jalan Pelatuk 1, Komplek Pemakaman  Muslim, Jalan Tjilik Riwut Km. 2,5. Mahasiswa yang melaksanakan magang 2 di MIS Darussa'adah ini berjumlah 6 orang yaitu Sawiji, Muhibah Amaliyah,  Khairunida, Dwi Ayu Lestari, Siti Rahmah dan Akhmad Syarifuddin. Pada tanggal 27 September 2023, bapak Abdul Ghofur, M.Pd. selaku  dosen pembimbing mengantarkan mahasiswa untuk melaksanakan magang 2 di  MIS Darussa'adah. Pihak madrasah menerima dengan baik serta mengucapkan  selamat datang kepada mahasiswa magang 2.  

Selama magang 2, mahasiswa selalu ikut serta dalam kegiatan apapun  yang dilaksanakan oleh sekolah, mulai dari kegiatan belajar mengajar di kelas,  membantu mempersiapkan kegiatan/acara, melatih pramuka, dan mendampingi  siswa yang mengikuti lomba.

Pada kegiatan belajar mengajar di kelas, mahasiswa melakukan dua tahapan yang dilakukan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Pada  tahapan persiapan mahasiswa membuat RPP/ Modul Ajar yang dibimbing oleh  guru pamong masing-masing dan dosen pembimbing. Sedangkan pada tahap  pelaksanaan, mahasiswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Selain kegiatan belajar mengajar di kelas, mahasiswa ikut serta dalam  beberapa kegiatan/acara yang dilaksanakan oleh Madrasah seperti, Peringatan  Maulid Nabi Muhammad Saw, dan Muhasabah yang diikuti oleh siswa kelas 3- 6.  

Setiap sabtu sore mahasiswa, hadir dalam kegiatan ekstrakurikuler  pramuka. Dimana mahasiswa ikut serta menguji SKU siswa dan membantu  untuk melaksanakan kegiatan perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) serta  pelantikan. Mahasiswa juga ikut mendampingi siswa dalam kegiatan lomba. Seperti  lomba bulan bahasa di MAN Kota Palangka Raya, lomba PORSENI di SMP  Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. 

Kegiatan demi kegiatan sudah dilewati dan dilaksanakan oleh  mahasiswa. MIS Darussa’adah melaksanakan perpisahan dengan para  mahasiswa IAIN Palangka Raya yang telah menyelesaikan program magang 2.

Kepala MIS Darussa’adah Siti Normaidah M. Pd, mengucapkan  terimakasih dan permohonan maaf kepada para mahasiswa mewakili dari  segenap warga madrasah yakni para pendidik dan peserta didik. Bapak Abdul Gafur, M. Pd. yang telah ditugaskan oleh Prodi PGMI  IAIN Palangka Raya untuk melaksanakan penjemputan mengucapkan  terimakasih kepada keluarga besar MIS Darussa`adah yang telah memberikan  tempat untuk para mahasiswa melaksanakan program magang selama dua bulan. "Mewakili pimpinan kampus, saya mengucapkan terima kasih atas  arahan dan bimbingan kepada semua mahasiswa kami sehingga mereka banyak  mendapatkan pengalaman berharga," katanya. Perwakilan mahasiswa Khairunida dalam sambutannya dengan penuh  haru mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan bimbingan dari  semua warga MIS Darussa`adah Palangka Raya. 

Kegiatan ditutup dengan bertukar hadiah antara pihak Madrasah dengan  mahasiswa, yaitu pihak Madrasah memberikan kenang-kenangan untuk  mahasiswa dan mahasiswa memberikan cinderamata, dan dilanjutkan dengan  foto bersama.

Posting Komentar

0 Komentar