MAGANG MAHASISWA PRODI PGMI IAIN PALANGKA RAYA DI SDIT TIARA AZ-ZAHRA PALANGKA RAYA

 

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya telah menyelesaikan program magang 2 mereka di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tiara Az-Zahra.

Program magang 2 merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan secara terbimbing dalam bentuk latihan mengajar di kelas pada suatu sekolah/madrasah yang didahului dengan observasi sekolah ataupun kelas serta praktik administrasi kependidikan pada sekolah/madrasah.
Mahasiswa IAIN Palangka Raya diantar oleh dosen pembimbing, yaitu Ibu Istiyati Mahmudah, M.Pd, selaku Dosen di Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di IAIN Palangka Raya. Pengantaran dilaksanakan secara sederhana di ruang guru SDIT Tiara Az-Zahra yang disambut oleh Wakil Kepala Sekolah Ustadzah Melda Wati, S.Pd.I.

Kegiatan magang 2 dilaksanakan selama dua bulan yang dimulai pada tanggal 27 September sampai dengan 27 November di SDIT Tiara Az-Zahra Kota Palangka Raya. Mahasiswa magang berjumlah 6 orang yang beranggotakan 2 laki-laki dan 4 orang perempuan, yaitu Muhammad Regiyanto sebagai ketua kelompok, yang beranggotakan Juni Aji Ramansyah, Anis Marsela, Seli Pramudita Andini, Asita Nova Ferkhory, dan Anas Tasya Aprillia Hadi.


Mahasiswa magang 2 mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga untuk masing-masing mahasiwa terkhusus dalam hal mengasah kemampuan dan keterampilan dalam mengajar serta memahami karakter siswa-siswi yang ada di sekolah. Mahasiswa magang dua juga terlibat dalam beberapa kegiatan seperti merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, membantu dan melatih kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah SDIT Tiara Az-Zahra, serta terlibat dalam mendamppinggi siswa-siswi yang mengikuti beberapa perlombaan kepramuakan.

Ketika penjemputan yang dilaksanakan pada hari Senin 27 November sekitar jam 08.00 WIB, Dosen Pembimbing di   sambut oleh Wakil Kepala Sekolah Ustadzah Melda Wati, S.Pd.I beliau menyampaikan ucapan terimakasih untuk dedikasinya di SDIT Tiara Az- Zahra karena sangat membantu apalagi pada saat kegiatan pelatiahn dan mendampinggi saat perlombaan kepramukaan. Beliau mendoakan semoga semua kegiatan yang telah dilaksanakan bermanfaat untuk pengalaman di masa yang akan datang. Beliau juga mengucapkan permohonan maaf apabila ada kekurangan baik dari segi tempat, membimbing dan salah kata pada saat progam magang 2 ini berlangsung karena di sekolah SDIT Tiara Az- Zahra baru pertama kali menerima mahasiswa magang.

Ibu Istiyati Mahmudah, M.Pd selaku dosen pembimbing magang 2 juga menyampaikan ucapan terimakasih karena telah menerima mahasiswa untuk melakukan praktek mengajar atau magang 2 Prodi PGMI IAIN Palangka Raya. Tak lupa pula beliau menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksaan magang 2 ini ada perilaku mahasiswa yang kurang baik tolong dimaafkan. Ambil baiknya buang yang buruknya.

Selanjutnya perwakilan dari teman-teman magang 2 yang diwakilkan oleh Asita Nova Fekhory, Muhammad Regiyanto, dan Anis Marsela mahasiswa magang 2 SDIT SDIT Tiara Az-Zahra menyampaikan ucapan ribuan terimakasih karena banyak sekali mendapatkan pengalaman dan ribuan maaf kepada pihak sekolah apabila dalam pelaksaan berlangsung kami masih banyak kurangnya masih banyak salahnya, baik dari perilaku, ucapan dan cara berpakaian kami selama di sekolah, namun inilah kami dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kami miliki.

Ustadzah Nur Ariyanti, S.Pd, Siti Raudah, S.Pd, dan Hafidaturrofi’ah selaku guru pamong menyampaikan bahwa mahasiswa magang sudah bagus pada saat praktik mengajar sangat membantu sekali dalam hal mengajar dikelas dan beliau juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjadi guru pamong kurang membimbing dalam pelaksanaan KBM.

Mahasiswa magang 2 di SDIT Tiara Az-Zahra menyerahkan hadiah kenangan sebagai tanda apresiasi dan ucapan terimakasih para mahasiswa secara simbolis menyerahkan kenang-kenangan kepada wakil kpeala sekolah dan dilanjutkan poto bersama dengan dosen pembimbing magang 2. Suksesnya program magang ini menjadi langkah awal bagi para mahasiswa PGMI untuk memasuki dunia profesional dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang mapan.


Posting Komentar

0 Komentar