Mahasiswa Magang 2 IAIN Palangka Raya Di MIS Al Jihad Kota Palangka Raya

 

Magang 2 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Palangka Raya untuk mahasiswa PGMI semester tujuh yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan, belajar dan memahami seluk beluk serta segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, dan membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan dalam bidang pendidikan maupun pengajaran.

Kegiatan magang 2 dilaksanakan selama dua bulan, yaitu dimulai dari tanggal 27 September sampai 29 November 2023. Program Magang 2 diikuti oleh mahasiswa maupun mahasiswi angkat 2020 yang dibagi kedalam 15 kelompok. Setiap kelompok akan magang ke madrasah atau sekolah yang berbeda-beda.

MIS Al Jihad Palangka Raya yang beralamatkan di JL. Garuda IV Jekan Raya Palangka Raya merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat magang 2 mahasiswa/i IAIN Palangka Raya. Terdapat enam mahasiswa yang melaksanakan magang 2 dimadrasah tersebut yaitu Tuti Amiratus Sa’diah, Musdzalifah Oktaviani, Anisa, Mauludiah Sari, Widya Ayu Lestari, dan Muhammad Taufik.

Di hari pertama pada tanggal 27 September 2023, enam mahasiswa yang Magang di MIS Al- Jihad Palangka Raya diantar dan diserahkan ke pihak sekoleh oleh Ibu Neela Afifah, M.Pd. sebagai dosen pembimbing magang 2 di MIS Al Jihad Palangka Raya sekitar jam 08.00 WIB. 

Kedatangan mahasiswa Magang 2 tersebut disambut oleh Kepala Madrasah yaitu Bapak Haji Parhani, S.Pd.I. serta Guru Pamong Ibu Latipah, S.Pd.I., Ibu Siti Suraya, S.Ag., dan Ibu Norhidayah, S.Pd. 

Kegiatan praktik mengajar mahasiswa magang 2 di MIS Al Jihad Palangka Raya berlangsung dengan lancar, walaupun terdapat hambatan polusi udara berupa kabut asap sehingga peserta didik diliburkan yang kemudian menyebabkan mundurnya praktik mengajar untuk beberapa hari. Namun, berkat dukungan dan bimbingan dari pihak sekolah terutama guru pamong sehingga kegiatan praktik mengajar tetap bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai rencana.

Selama kegiatan magang 2 di MIS Al Jihad Palangka Raya, selain praktik mengajar dikelas mahasiswa juga ikut dalam beberapa kegiatan atau program yang dilaksanakan Madrasah seperti ikut menjaga gerbang serta mengawasi siswa ketika sholat dzuhur di musholah.


        Selain itu, mahasiswa juga ikut melaksanakan senam dihari jumat dan melatih peserta didik yang akan menjadi petugas upacara pada hari senin. Selain itu juga ketika ada beberapa guru yang ikut pelatihan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang membuat mereka tidak bisa mengajar dikelas, maka mahasiswa magang akan menggantikan guru untuk mengajar dikelas. Selain itu juga, mahasiswa/i magang juga banyak ikut berpatisipasi ikut membantu dalam kegiatan yang dilaksana oleh MIS Al-Jihad Palangka Raya seperti kegiatan maulid Nabi.

Setelah dua bulan magang 2 di MIS Al Jihad Palangka Raya, mahasiswa magang 2 pun dijemput oleh Ibu Neela Afifah, M.Pd. selaku dosen pembimbing mahasiswa yang magang 2 disekolah tersebut. Penjemputan mahasiswa magang 2 tersebut tepatnya tanggal 29 November pukul 08.00 WIB, dosen pembimbing datang dan mengucapkan mohon maaf serta terima kasih kepada Kepala Madrasah begitupun sebaliknya. Setelah itu, dosen pembing menyerahkan kenang kenangan seperti plakat, figura foto dan melakukan sesi foto bersama.


Posting Komentar

0 Komentar