Evaluasi Kurikulum 2017 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  Palangka Raya - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di  (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melakukan evaluasi terhadap kurikulum 2017. Hal ini berguna untuk  terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Evaluasi kurikulum 2017 dilakukan pada tahun 2020 dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan baik dari internal maupun eksternal. Pihak internal yang terlibat dalam evaluasi ini meliputi pejabat struktural, seperti Dekan FTIK Dr. Rodhatul Jennah, M.Pd, serta Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Selain itu, dosen-dosen dari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan mahasiswa juga turut dilibatkan dalam proses evaluasi ini. Pihak eksternal juga memiliki peran penting dalam evaluasi kurikulum ini. Alumni, pengguna lulusan, dan para pemangku kepentingan lainnya turut memberikan masukan dan pandangan terkait dengan keefektifan kurikulum yang telah diimplementasikan. Partisipasi dari berbagai pihak ini diharapkan dapat memberikan perspektif yang komprehensif dalam menilai keberhasilan dan perluasan kurikulum.

 


  Sulistyowati,M.Pd.I menyampaikan pentingnya evaluasi kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. "Evaluasi ini merupakan langkah kritis dalam memastikan bahwa kurikulum yang ada dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dan tuntutan perkembangan pendidikan. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, kami berharap dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kurikulum yang telah berjalan," ungkapnya. Dalam proses evaluasi, aspek-aspek seperti relevansi materi pembelajaran, metode pengajaran, penilaian, serta dampak terhadap lulusan dievaluasi secara komprehensif. Masukan dan saran dari pihak internal dan eksternal kemudian digunakan untuk merumuskan perbaikan dan pengembangan yang akan dilakukan pada kurikulum berikutnya.

Dengan adanya evaluasi kurikulum ini, Prodi PGMI FTIK IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Evaluasi yang dilakukan secara berkesinambungan menjadi salah satu upaya dalam menjaga relevansi dan mutu kurikulum sesuai dengan perkembangan pendidikan dan kebutuhan masyarakat



Posting Komentar

0 Komentar