Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat: Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di MI dan MTs Ar Raudah Katingan


Katingan, Kalimantan Tengah – Dosen Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Tardris Fisika (TFS) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya berhasil melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di MI dan MTs Ar Raudah Kabupaten Katingan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dan mengembangkan pembelajaran yang lebih inovatif.

Dalam kegiatan ini, para peserta yang terdiri dari guru-guru MI dan MTs Ar Raudah diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil pengembangan modul ajar yang telah mereka buat. Selain itu, mereka juga melakukan perencanaan desain modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5PPRA). Hal ini menunjukkan antusiasme dan komitmen para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.

Ibu Sulistyowati, M.Pd.I., dan Muhammad Syabrina, M.Pd.I., selaku dosen Prodi PGMI, serta Ibu Dr. Sri Fatmawati, M.Pd., dosen Prodi TFS, bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Kehadiran para dosen tersebut memberikan wawasan dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi para guru.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ibu Siti Patimah, S.Pd., M.Pd.I., selaku Pengawas Madrasah, Bapak Daud, S.Pd., Kepala MI Ar Raudah, dan Ibu Rini Astuti, S.Sos., Kepala MTs Ar Raudah. Mereka menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kehadiran para narasumber serta antusiasme para peserta.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen-dosen IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para guru dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran di madrasah," ujar Ibu Siti Patimah.


Tentang Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas

Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta masyarakat. Dengan menerapkan kurikulum ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan dengan dunia kerja.

Harapan ke Depan

Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, kualitas pendidikan di Kabupaten Katingan dapat terus ditingkatkan.

(*bri)

Posting Komentar

0 Komentar