Mahasiswa PGMI IAIN Palangka Raya Magang 2 di SDIT Al-Ghazali

 

PALANGKA RAYA – Dalam memperingati hari guru yang selalu diperingati pada tanggal 25 November pada setiap tahunnya, SDIT Al-Ghazali Palangka Raya memulai dengan melakukan upacara bendera di halaman sekolah. Pada peringatan hari guru di tahun 2023 ini mengusung tema  “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Perlu kita ketahui juga bahwa tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 78 tahun 1994. Kenapa dipilihnya pada tanggal 25 November karena kalua kita melihat Sejarah pada tanggal 24 November 1945 telah dilaksanakan kongres organisasi guru se Indonesia yang melahirkan oragnisasi Persatuan Guru Republik Indonesia yang bias kita kenal dengan PGRI.

Peringatan tersebut sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap peran penting para pendidik dalam membentuk karakter dan membimbing generasi muda. Hari Guru Nasional bukan sekadar peringatan, tetapi juga refleksi akan kontribusi luar biasa para guru dalam mengembangkan potensi anak-anak bangsa. Guru bukan hanya penuntun dalam pembelajaran akademis, tetapi juga menjadi teladan dalam membentuk nilai-nilai moral dan sosial siswa. Mereka berperan sebagai garda terdepan dalam mendidik generasi penerus agar memiliki pemahaman yang baik tentang toleransi, persatuan, dan tanggung jawab sosial. Begitu besarnya peran guru, Ki Hajar Dewantara mengungkapkan sebagai ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, artinya adalah apabila di depan memberi contoh, apabila di tengah memberi semangat,apabila di belakang memberi dorongan.

Sebelum melakukan peringatan hari guru pada tahun ini secara resmi, para dewan guru beserta mahasiswa magang dari IAIN Palangka Raya melaksanakan lomba yang mana seluruh pesertanya ada lah tenaga pendidik di SDIT Al-Ghzali Palangka Raya. Lomba yang sederhana di buat oleh guru disana seperti estafet air. Namun, meskipun lomba dengan sifat sederhana tetapi nilai nilai kekeluargaan tertanam pada lomba tersebut, terlihat keharmonisan guru terasa hangat Ketika lomba berlangsung.

Pada hari selanjutnya SDIT Al-Ghazali melakukan upacara bendera dalam memberingati Hari Guru. Upacara bendera dilakukan pada hari Sabtu bertepatan pada tanggal 25 November 2023 jam 7.30 WIB. Dikesempatan ini petugas upcaranya adalah tenaga pendidik yang berada di sana, saat upacara dilakukan tampak jelas suasana haru dan menyentuh hati. Setelah meakukan upacara bendera maka secara simbolis, guru dan siswa melakukan lepas balon dengan penuh harapan agar banyak tecipta orang hebat dari guru-guru yang sangat hebat.

Tidak hanya upacara bendera, dalam memperinagati hari guru ini di adakan pula lomba-lomba untuk para peserta didik. Terdapat beberapa lomba yang dilaksanakan seperti penampilan bernyanyi, penampilan drama dan pentas seni sejenisnya. Penampilan ini lakukan oleh masing masing perwakilan kelas secara individu maupun kelompok. Tujuan dari lomba ini bukan sekedar untuk memperingati hari guru semata namun sekaligus melatih kepercayaan diri siswa serta memperlihatkan bakat-bakat siswa. Dengan dilakukannya peringatan hari guru ini dalam 2 hari dimulai dengan lomba antar guru, upacara bendera serta lomba antar siswa maka akan menambahkan semarak Hari Guru Nasional di SDIT Al-Ghazli Palangka Raya.

Tidak ada manusia yang hebat tanpa seorang guru yang luar biasa. Guru pahlawan bagi bangsa, gurulah yang mencerdaskan kehidupan bangsa, tanpa sosok guru kita tidak akan menjadi siapa-siapa.

Posting Komentar

0 Komentar