Pendampingan Kegiatan Les Membaca Untuk Siswa MI Al-Muhajir oleh Mahasiswa KKN Tematik Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kereng Pangi, Kec.Katingan Hilir, Kab.Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah

Membaca merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dalam belajar. Kemampuan pemahaman ini yaitu dapat memahami kata demi kata sehingga dapat menerima pelajaran dengan baik.


Salah satu progam kerja mahasiswa KKN Tematik Kereng Pangi yaitu meningkatkan kemampuan literasi siswa, salah satunya yaitu dengan memberikan bimbingan membaca kepada siswa di MI Al-Muhajir Kereng Pangi.


Kegiatan les membaca dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis pada pukul 09:35-10:45 WIB. Kegiatan les membaca ini ditunjukkan untuk siswa kelas 2 hingga kelas 6, dengan jumlah siswa kurang lebih 60 siswa. Diikuti oleh siswa yang tidak bisa membaca dan kurang lancar membaca yang telah diseleksi oleh wali kelas masing-masing.

Kegiatan les membaca dibimbing oleh 4 Mahasiswa KKN Tematik Kereng Pangi dan 2 pendamping lainnya. Tempat kegiatan les dilaksanakan di perpustakaan MI Al-Muhajir. Sistem kerja kegiatan les ini yaitu siswa diberikan sebuah kartu nama kemudian siswa membaca satu persatu sesuai antrian. Les membaca menggunakan buku yang berjudul “Buku Pintar Membaca”. Dalam buku tersebut mengenalkan huruf abjad, membaca suku kata dan membaca kalimat.



Kegiatan les ini diadakan bertujuan untuk memberikan teknik agar siswa dapat membaca dengan baik dan benar dan meningkatkan keterampilan membaca siswa di MI Al-Muhajir Kereng Pangi. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatan minat dan semangat dalam membaca.

Posting Komentar

0 Komentar