Kegiatan Pengabdian Dosen Prodi PGMI FTIK IAIN Palangka Raya MIN 5 Kota Palangka Raya

 Hari/Tanggal: Sabtu, 22 Juli 2023

Pada hari ini, Sabtu, 22 Juli 2023, bertempat di MIN 5 Kota Palangka Raya, telah dilaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tema "Workshop Implementasi Kurikulum (IKM) Merdeka Berkhidmad Untuk Pendidikan yang Lebih Baik". Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen IAIN Palangka Raya.

Guna melengkapi pemahaman guru tentang IKM, madrasah mengundang narasumber yang sangat kompeten yaitu dari dosen IAIN Palangka Raya Setria Utama Rizal, Sulistyowati, Istiyati Mahmudah dan Jefry Tarantang.

Dengan mengambil tema "Berkhidmad Untuk Pendidikan Lebih Baik", Kepala MIN 5 Kota Palangka Raya Muhamad Asran Dirun menyatakan siap melaksanakan Kurikulum Merdeka di Tahun Pelajaran Baru 2023/2024. Kesiapan itu didukung dengan tersedianya karakteristik peserta didik yang komprehensif,  tenaga pengajar sarjana, sarana prasarana yang memadai, posisi madrasah yang strategis dan pendanaan yang mendukung.

Dewan guru dibekali bagaimana cara menyusun perangkat mengajar, mulai dari membuat modul ajar, menyusun capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, asesmen penilaian kriteria dalam ketercapaian tujuan pembelajaran, pengembangan proyek pelajar Pancasila, dan Rahmatan lil alamin dan penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM).

    Misal pelajaran Fikih tentang puasa yang berada di semester I, maka bisa disampaikan di semester II, karena pelaksanaan puasa umat Islam dilaksanakan di bulan Maret (semester II). Begitu halnya dalam menyusun KOM, madrasah dapat menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada, sehingga itu menjadi karakteristik sebuah madrasah yang tidak dimiliki madrasah lain. 

    Namun demikian madrasah harus merencanakannya dengan matang, mulai dari konsep, pelaksanaan, evaluasi, pengawasan, pendampingan dan tindak lanjut, kata Setria.

Demikianlah berita acara ini dibuat untuk mencatat resmi pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tema "Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Berkhidmad Untuk Pendidikan yang Lebih Baik". Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di MIN 5 Kota Palangka Raya.





Posting Komentar

0 Komentar