Rapat Evaluasi Kebijakan di Lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya

 

Jum’at, 24 Februari 2023. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, mengikuti kegiatan Rapat Evaluasi Kebijakan di Lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya yang dihadiri oleh Dekan FTIK dan Wakil Dekan Bidang I FTIK dan seluruh Ketua/Sekprodi dilingkungan FTIK. Bertempat di ruang Rapat FTIK, rapat evaluasi kebijakan ini dimulai pukul 08.00 wib dan selesai pada pukul 12.00 wib. Berikut hasil rapat kebijakan dilingkungan FTIK:

No

Kriteria

Indikator

Evaluasi

Tindak Lanjut

1

Visi-Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang VMT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti.

Sudah memiliki pedoman penyusunan VMTS, namun masih berada di tingkat Institut. Pedoman sudah disosialisasikan melalui website LPM. Program studi telah melaksanakannya sesuai dengan mekanisme penyusunan VMTS.

Membuat pedoman mekanisme penyusunan VMTS di tingkat Fakultas.

Mengsosialisasikan pedoman penyusunan VMTS dengan mengundang dosen dan mahasiswa serta melalui website.

Salah satu mekanismenya adalah adanya pendampingan dari pakar terkait.

2

Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua tentang tata pamong, tata kelola, kepemimpinan, kerjasama, dan penjaminan mutu dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti.

Revisi SOP

Perbaiki SOP ujia draftjudul (Lampirkan SOP lama dan baru).

Sebagian kecil prodi belum memiliki ketua prodi karena keterbatasan SDM

-       Mengangkat beberapa kaprodi yang SDM nya sudah memenuhi persyaratan di prodi MPI, PGMI, TFS, dan PBA.

-       Membuat pembaharuan surat tugas untuk dosen yang diperbantukan untuk melengkapi personalia kaprodi dan sekprodi di tahun 2023.

-       Mengusulkan tendik pada masing-masing jurusan/prodi.

 

-       Evaluasi kebijakan jumlah minimal Kerjasama Internasional

-       Belum ada format PKS

 

Perbaikan pedoman Kerjasama FTIK

Belum ada sosialisasi pedoman kerjasama

Mengsosialisasikan pedoman Kerjasama kepada jurusan dan prodi.

3

Mahasiswa

Perguruan tinggi/ UPPS:

a.     Memiliki dokumen kebijakan tentang rekrutmen dan tes seleksi calon mahasiswa baru,

b.     Dilaksanakan secara konsisten

c.     Didokumentasikan secara cetak dan digital.

-       Belum ada pedoman di tingkat Fakultas khususnya pada mekanisme tes psikologi dan panggilan jiwa.

-       Belum melibatkan prodi dalam menentukan daya tampung

-       Membuat pedoman perekrutan di tingkat fakultas yang didalamnya juga membuat kebijakan daya tampung

4

Sumber Daya Manusia

Perguruan tinggi/ UPPS:

a.     Memiliki dokumen kebijakan

b.     Tentang rektutmen dan tes seleksi calon dosen, dilaksanakan secara konsisten,

c.     Didokumentasikan secara cetak dan digital

 

Belum ada SOP pengusulan tenaga dosen

Dibuatkan SOP pengusulan tenaga dosen

Belum ada SOP pengusulan anjab

Dibuatkan SOP anjab

Belum ada SOP pengusulan SKP

Dibuatkan SOP pengusulan SKP

Belum ada contoh analisis SKP yang baku

-       Dibuat contoh analisis SKP yang baku

-       Mengusulkan ke tingkat Institut untuk membuat panduan SKP

5

Keuangan, Sarana dan Prasarana

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) untuk keuangan, sarana, dan prasarana, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

-       Mekanisme pencarian keuangan belum efektif

 

 

 

-       Perbaikan mekanisme pencairan keuangan

-       Membuat SOP perencanaan

-       Perlu pemantauan dari WR 2 dan WD 2.

Belum ada format laporan kegiatan

Perbaikan kebijakan format laporan kegiatan

Sarpras lab semua prodi belum lengkap

Membuat kebijakan standar tentang lab prodi (kepengelolaan, pembiayaan dan SOP).

6

Pendidilkan

PT/UPPS:

a.     Memiliki kebijakan tentang penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan perbaikan kurikulum PS

b.     Menyosialisasikan kepada sivitas akademika dengan sangat baik

c.     Melaksanakan secara sangat konsisten

d.     Mengevaluasi secara berkala

e.     Menindaklanjuti hasil evaluasi

 

 

-       Belum semua civitas akademika memanfaatkan website terkait informasi kebijakan, pedoman, dll.

-       Membuat kebijakan berupa edaran untuk semua civitas akademika untuk memaksimalkan penggunaan web terkait informasi pedoman, kebijakan, sop, dan sebagainya.

Di SIMAK, belum ada form izin tidak mengikuti perkuliahan untuk mahasiswa.

Merekomendasikan penambahan fitur tersebut di SIMAK.

Belum semua dosen membuat RPS sesuai dengan format yang ditentukan

Mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan RPS sesuai dengan format yang baku (sesuai rubrik)

 

 

 

 

 

Belum ada SOP validasi semua yang terkait dengan perangkat pembelajaran.

 

Perlu ada SOP untuk validasi semua yang terkait dengan perangkat pembelajaran.

 

Fungsi konsorsium belum maksimal

Memaksimalkan fungsi konsorsium

 

Belum ada SK kordinator mata kuliah

 

Dibuat SK kordinator mata kuliah

 

 

Belum ada sampel dokumen video pembelajaran di kelas

Dibuat edaran agar dosen mendokumentasikan perkuliahaannya minimal 1 kali dalam satu semester.

7

Penelitian

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang penelitian, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

Belum ada sosialisai pedoman penelitian

Diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian

Belum ada sosialisasi pedoman penelitian integrasi

Diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian integrasi

Belum ada SK research group

 

Dibuat SK research group

Belum ada evaluasi kesesuaian penelitian dengan roadmap

 

 

Diselenggarakan evaluasi kesesuaian penelitian dengan roadmap dan ditindaklanjuti

Belum ada panduan penelitian interansional

 

Perlu dibuat panduan penelitian internasional

 

8

Pengabdian Kepada Masyarakat

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang pengabdian kepada masyarakat, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

-       Belum ada sosialisasi pedoman penelitian

-       Diselenggarakan evaluasi kesesuaian penelitian dengan roadmap dan ditindaklanjuti

Belum ada sosialisasi pedoman pengabdian integrasi

Diselenggarakan sosialisasi pedoman pengabdian integrasi

Belum ada SK grup pengabdian

 

Dibuat SK grup pengabdian

Belum ada evaluasi kesesuaian pengabdian dengan roadmap

 

Diselenggarakan kesesuaian pengabdian dengan roadmap dan ditindaklanjuti

Belum ada panduan pengabdian internasional

 

Perlu dibuat panduan pengabdian internasional

9

Keluaran dan Capaian Tridharma

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang keluar dan capaian tridharma PT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

Belum ada kebijakan terkait luaran

-       Dibuatkan kebijakan terkait luaran

-       Kebijakan tersebut disosialisasikan

-       Mengusulkan untuk dibuat SK kordinator alumni per angkatan

-   Memberikan reward kepada kaprodi yang sukses memberikan motivasi pengisian tracer study oleh alumni

-   Memberikan penghargaan kepada stakeholder yang aktif memberikan motivasi pengisian tracer study oleh alumni



Rapat evaluasi kebijakan di lingkungan FTIK dilakukan guna mengidentifikasi apakah kebijakan yang telah ditetapkan berhasil diimplementasikan dengan efektif. Para peserta rapat dapat membahas hasil implementasi kebijakan, mengevaluasi efektivitas kebijakan, dan mengidentifikasi kendala atau masalah yang muncul selama implementasi. Meningkatkan kinerja dan efisiensi: Rapat evaluasi kebijakan dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi di FTIK. Para peserta rapat dapat mengevaluasi kebijakan dan prosedur yang ada, dan membuat rekomendasi untuk perubahan yang diperlukan agar dapat meningkatkan efisiensi, kinerja, dan hasil yang diinginkan. (Posted by ami).




Posting Komentar

0 Komentar