Penyamaan Persepsi Dosen Microteaching

 

Mengajar merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa FTIK. Salah satu kegiatan yang berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dilakukan melalui praktik Microteaching. Praktik ini dilakukan secara rutin pada semester 6 oleh mahasiswa PGMI. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mengundang dosen yang merupakan dosen pamong dalam kegiatan tersebut.


Upaya peningkatan kompetensi lulusan ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab dari Prodi PGMI untuk meningkatkan kualitas mahasiswa PGMI. Sebagai calon pendidik para mahasiswa harus memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Karenanya mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran tetapi juga mampu berinteraksi dengan warga madrasah dan menjadi teladan bagi peserta didik.

Kegiatan microteaching bertujuan untuk: melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi sekolah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan.  


Posting Komentar

0 Komentar