FTIK lakukan Diseminasi Hasil Monitoring dan Evaluasi

 

Audit mutu internal merupakan salah satu faktor dalam proses pengawasan dan peningkatan kualitas suatu lembaga. Audit internal juga merupakan teknik mendasar yang hasilnya digunakan sebagai salah satu bahan masukan untuk aktivitas tinjauan standar  pada akreditasi 9 kriteria melalui pernyataan standar maupun butir standar yang diukur melalui Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Tambahan, sebagaimana yang dipersyaratkan. Audit Mutu Internal Mutu melalui monitoring serta evaluasi (Monev) yang dilakukan oleh KPM maupun GPM FTIK IAIN Palangka Raya.


Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) adalah kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan Tinggi oleh setiap perguruan Tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No. 50 Tahun 2014 Tentang SPM Dikti. Pasal 3 Ayat 2 disebutkan bahwa SPMI direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh perguruan Tinggi.



Pada hari Jum’at tanggal 12 November 2021. FTIK melakukan kegiatan Diseminasi Hasil Monitoring dan Evaluasi seluruh Prodi di FTIK. Di antara Prodi-Prodi tersebut juga dilakukan hasil MONEV pembelajaran Prodi PGMI yang dilakukan oleh Kaprodi dan GPM. FTIK berbeda dengan Fakultas lainnya dalam hal jumlah Prodi yang diaudit.  

Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring dan dihadiri Dekan FTIK Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd., Wakil Dekan I FTIK Dr. Nurl Wahdah, M.Pd. serta seluruh ketua jurusan MIPA, Bahasa, dan Tarbiyah. Serta para ketua dan sekretaris Prodi yang ada di FTIK. Kegiatan ini dipandu oleh ketua KPM FTIK yaitu Rahmad, M.Pd., serta dibuka oleh Dekan FTIK Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd. Pada paparan pertama dilakukan paparan dan temuan data dari GPM Fisika dan dilanjutkan oleh Prodi lainnya. 



Standar yang di Monev pada kegiatan ini adalah A. Standar Mutu Pendidikan yang terdiri 1) Standar Kompetensi Lulusan, 2) Standar Proses Pembelajaran, 3) Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan kemudian Standar Mutu Penelitian terdiri 1)Standar Hasil Penelitian, 2)Standar Proses Penelitian, 3)Standar Peneliti dan terakhir Standar Mutu Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri 1)Standar Hasil PkM, 2)Standar Proses PkM dan 3)Standar Pelaksana PkM

Pada kegiatan diseminasi ini terdapat banyak hal yang ditemukan oleh para pemonev yang menjadi masukan bagi unsur pimpinan. Diseminasi ini merupakan tahapan Evaluasi pada siklus PPEPP yang memang menjadi keharusan dalam system penjaminan mutu. Melalui kegiatan ini pula banyak terdapat masukan dari pengelola Prodi yang menjadi masukan berharga bagi unsur pimpinan dan sivitas akademika agar FTIK menjadi semakin baik lagi dan bersiap untuk mengelola Prodi berbasis akreditasi 9 kriteria. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 10.50 WIB (rah).

Posting Komentar

0 Komentar