Dosen FTIK IAIN Palangka Raya Mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Di BDK Banjarmasin


Dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga pengajar di bidang pendidikan, Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) IAIN Palangka Raya, Dr. Dakir, MA, telah menunjuk dan menugaskan salah satu Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTIK IAIN Palangka Raya, Ibu Sulistyowati, M.Pd.I untuk mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) Angkatan I dan Angkatan II.

Pelatihan ini dilaksanakan sejak tanggal 22 hingga 27 April 2024 di Kampus Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin. Dalam rangka menyongsong era pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif, kurikulum merdeka berbasis komunitas menjadi fokus utama pelatihan ini. Para peserta, termasuk Ibu Sulistyowati, diberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan implementasi kurikulum merdeka yang mengedepankan partisipasi aktif komunitas dalam proses pendidikan.

Setelah mengikuti pelatihan intensif tersebut, para peserta, termasuk Ibu Sulistyowati, diharapkan mampu mengaplikasikan konsep kurikulum merdeka di lingkungan akademis mereka. Langkah selanjutnya adalah mendampingi sekolah-sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka tersebut, sehingga pendidikan dapat lebih berorientasi pada kebutuhan dan potensi masyarakat setempat.

Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Dakir, MA, menyatakan harapannya bahwa melalui pelatihan ini, dosen-dosen di lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya akan semakin mampu berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang inklusif, berkelanjutan, dan relevan dengan tuntutan zaman. Implementasi kurikulum merdeka diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di tingkat lokal maupun nasional. (sbr)

Posting Komentar

0 Komentar