Senin, 24 Juni 2019

Al-Mudarris Ikuti Pelatihan dan Pendampingan Percepatan Jurnal Ristek Dikti

0 komentar

Pada tanggal 20-22 Juni dalam rangka meningkatkan jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat dan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mengadakan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah di Hotel Neo Awana. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 1 UAD Dr. Muchlas, MT, dan dihadiri kepala Kepala LPPI UAD Tole Sutikno, Ph.D. 


Suasana Pembukaan Workshop Pelatihan dan Pendampingan Percepatan Jurnal
Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Triantoro, Ph.D. pengelola jurnal di lingkungan UAD memberi masukan bahwa pengelola jurnal jangan terlalu percaya pada penulis karena cek plagiasi menjadi sangat penting dan diusahakan tidak lebih dari 30 persen. Kemudian beliau juga menyarankan bahwa The Gap of Knowledge harus muncul dalam artikel jurnal. Referensi juga akan lebih baik apabila 80 persen berupa jurnal. Narasumber selanjutnya adalah  Dr. Lukman, ST., M.Hum. Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah, dangan materi Kebijakan dan Program Akreditasi Jurnal, yang memberi kemudahan bagi pengelola jurnal yang hadir akan ada kemudahan untuk di akreditasi, tetapi dengan syarat yang telah dipenuhi. Kemudian DrParmin, S.Pd., M.Pd dengan tema Evaluasi Kesiapan Substansi Akreditasi Bidang Keilmuan serta selaku pengelola jurnal JPII Unnes yang telah terindeks Scopus, memaparkan bahwa profesionalisme jurnal yang beliau kelola, bahkan untuk pengelola tidak serta merta langsung memudahkan artikel pengelola untuk dimasukkan ke jurnal tersebut. Kemudian dalam kesempatan tersebut juga pengelola jurnal jangan hanya sibuk pada tampilan website tetapi lebih mengutamakan kualitas pada substansi artikel yang berkualitas.

Editor Jurnal Al-Mudarris bersama Assesor Substansi Artikel
Pada hari kedua dilakukan oleh bedah Jurnal dengan materi manajemen jurnal dan substansi artikel. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00- 16.00 WIB. Selanjutnya kegiatan penutupan dan pembentukan pengurus jurnal PAUD.

0 komentar:

Posting Komentar