Senin, 05 Maret 2018

AYO LATIHAN MENGAJAR ... !!!

0 komentar


IAIN Palangka Raya. Untuk memberikan pemahaman mahasiswa tentang Praktik Mengajar 1 (PM 1) yang dilaksanakan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya, maka panitia Praktik Mengajar mengadakan kegiatan orientasi di Aula IAIN Palangka Raya pada hari Sabtu 03 Maret 2018.
Pada orientasi tersebut diisi oleh dua pemateri yaitu ibu Dr. Hj. Hamdanah, M.Pd dan ibu Jasiah, M.Pd.
Ibu asmawati selaku ketua panitia PM 1 menyampaikan beberapa hal yang diantaranya gambaran umum bagaimana nantinya pelaksanaan di PM 1 itu kemudian bagaimana pelaksanaan kegiatan microteaching di dalam kegiatan tersebut. Dan tentunya beliau memberi semangat pada semua peserta Orientasi PM 1 tersebut.

Materi pertama di isi oleh Ibu Dr. Hamdanah yang dimana beliau menjelaskan tentang keterampilan-keterampilan di dalam microteaching, diantaranya :
1.    Prosedur pra intruksional
2.    Teknik introduksi bahan
3.    Prosedur menutup pelajaran
4.    Teknik memberi ceramah
5.    Teknik bertanya
6.    Teknik memberi perintah
7.    Teknik memberi re-inforcement
8.    Teknik mengoreksi kesalahan
9.    Teknik menciptakan variasi situasi
10. Teknik mempertahankan minat
11. Kerampilan menggunakan media pelajaran
Yang diselingi dengan penjelas-penjelasan tentang keterampilan secara rinci, poin per poin.
Kemudian materi kedua diisi oleh ibu Jasiah. Yang dimana beliau menjelaskan apa itu microteahing. Selanjutnya beliau menjelaskan bagaimana prosedur dan mekanisme microteaching, tahapan kegiatan microteaching, pengelolaan pengajaran microteaching, tugas dan kewajiban pembimbing dan mahasiswa. dan terakhir bagaimna evaluasi hasil praktik dari PM 1 itu sendiri.

Dengan diselenggarakannya praktik mengajar 1 ini diharapkan mahasiswa/i khususnya mahasiswa PGMI akan terbiasa dalam mengajar serta untuk mempersiapkan mereka mengahadapi praktik mengajar 2 (PM 2) yaitu praktik mengajar yang dilaksanakan di sekolah.

#Sya’id Abdullah Noor15

0 komentar:

Posting Komentar