Jumat, 16 Februari 2018

WASPADA KANKER SERVIKS

0 komentar
IAIN Palangkaraya, 16 Februari 2018. Seminar Kesehatan Reproduksi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS PGMI) di Aula FTIK IAIN Palangka Raya dengan tema “Pencegahan kanker Serviks Bagi Wanita” yang disampaikan oleh Hj. Indah Nur Aini dari Gerakan Peduli Kanker Serviks (GPKS) Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PGMI Ibu Asmawati, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan Seminar Kesehatan Reproduksi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS PGMI) ini sangatlah penting, karena banyak sekali yang belum mengetahui sebab maupun ciri seseorang yang mengidap penyakit kanker serviks. Kanker serviks bisa menyerang perempuan dan laki-laki yang menyebabkan kematian. Kegiatan seminar ini sangat berguna bagi mahasiswa/i Prodi PGMI untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sejak dini cara mengantisipasi penyakit kanker serviks.

Menurut Ibu Indah, setiap manusia mempunyai sel kanker yang bisa menjadi ganas atau berbahaya disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Faktor keturunan (gen yang diturunkan)
2. Zat kimia. Makanan yang berpengawet, instan, memakai pemanis buatan jika sering dikonsumsi akan mengendap di dalam tubuh, menggerak dan menghambat aliran darah sehingga mengganggu organ tubuh.
3. Lingkungan. Polusi udara dari kendaraan, asap rokok, pembakaran sampah yang dihirup setiap hari juga bisa mengakibatkan kanker. Selain itu kanker serviks juga bisa timbul akibat seks bebas, gonta-ganti pasangan, buang air di toilet yang kotor dan sebagainya.


Indonesia adalah negara dengan peringkat pertama pengidap penyakit kanker serviks yang mengakibatkan kematian dan yang kedua penyakit jantung. Sudah 40 tahun kanker serviks membunuh masyarakat indonesia, diperlukan pengetahuan dan pemahaman untuk mengantisipasi kanker ini agar tidak semakin banyak korban yang meninggal.







0 komentar:

Posting Komentar