Dosen Prodi PGMI Kunjungi Sekolah Dasar

 

Selama 2 (dua) hari yaitu Senin hingga Selasa (7-8) September Prodi PGMI melalui panitia melakukan silaturahmi sekaligus melakukan koordinasi dengan beberapa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) serta Sekolah Dasar (SD) di Kota Palangka Raya. Hal tersebut dilakukan guna mencari instansi pendidikan yang dapat dijadikan sebagai mitra dalam hal pengembangan kompetensi mahasiswa Prodi PGMI.

Salah satu bekal yang diberikan oleh Prodi PGMI untuk meningkatkan kompetensinya sebagai guru adalah Praktik Magang 2 bagi mahasiswa semester 3 (tiga) serta Praktik Magang 3 untuk mahasiswa semester 7 (tujuh). Sekolah yang menjadi tempat praktik mahasiswa ini adalah MIN 1, MIN 2, MIN 3 serta SDN Menteng 8 dan SD IT Al Ghazali. Silaturahmi yang dilakukan tim panitia selain meminta kesediaan sekolah tersebut untuk menerima serta mengundang perwakilan sekolah untuk menghadiri orientasi kegiatan tersebut juga sekaligus melakukan penyamaan persepsi antara sekolah dan Prodi PGMI.

Kegiatan magang 2 dimaksudkan agar para mahasiswa PGMI mengetahui hal-hal terkait administrasi kelas serta mampu membantu guru terkait pembelajaran di kelas. Kemudian kegiatan magang 3 yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 7 yang telah mengikuti dan lulus praktik mengajar 1, kegiatan ini merupakan praktik mengajar mahasiswa yang langsung menghadapi siswa secara langsung. 

Seperti yang kita ketahui Kota Palangka Raya masih merupakan zona merah, maka hal tersebut juga berdampak pada kegiatan atau aktivitas pada bidang pendidikan. Hal ini membuat kegiatan pembelajaran pun dilakukan secara Daring. tetapi berdasarkan pernyataan Kepala Sekolah Dasar IT Al Ghazali yaitu Muhammad Fadillah, S.Pd., yang juga merupakan alumni Prodi PGMI IAIN Palangka Raya menjadi mitra kegiatan ini menyatakan bahwa "SD IT Al Ghazali menerima mahasiswa praktikan baik magang 2 serta magang 3 untuk langsung mempraktikkan pengetahuan yang didapat selama kuliah agar mampu di praktikkan di SD IT Al Ghazali dan menjadi calon guru yang profesional."

Panitia Magang 2 dan Magang 3 diwakili oleh Rahmad, M.Pd., serta Setria Utama Rizal, M.Pd., untuk meminta izin serta meminta kesediaan sekolah yang ditangggapi dengan baik oleh pihak sekolah dan memperoleh beberapa catatan yang diminta oleh sekolah terkait kelancaran kegiatan Magang 2 dan Magang 3 Prodi PGMI IAIN Palangka Raya. 

Posting Komentar

0 Komentar