MAHASISWA PGMI MAGANG KE SEKOLAH


Mahasiswa PGMI adalah calon guru MI/SD yang tidak hanya menguasai keterampilan-keterampilan mengajar saja. Tetapi, mereka juga harus mengenal dan mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan administrasi sekolah. Seperti kalender pendidikan, program tahunan, program semester, jadwal pelajaran, dan sebagainya. Dengan pengenalan administrasi sekolah ini diharapkan mereka ketika terjun ke sekolah nantinya tidak kebingungan. Oleh karena itu, panitia magang 1 melaksanakan orientasi untuk mahasiswa PGMI pada hari Sabtu, 3 Maret 2018 di Aula FTIK IAIN Palangka Raya.


Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Dr. Hj. Tutut Sholihah, M.Pd. Beliau merupakan salah satu dosen yang memiliki yayasan pendidikan SDIT Al Ghazali berakreditasi A. Selain menjelaskan isi materi yang disampaikan, beliau juga banyak berbagi pengalaman yg berhubungan dengan administrasi sekolah. Tentunya pengalaman ini sangat bermanfaat untuk Mahasiswa PGMI yang akan melaksanakan Magang 1 di sekolah.


Beliau juga memberikan banyak selingan motivasi untuk menghadapi praktik Magang 1 yg akan segera kami hadapi, salah satu motivasi beliau adalah "Sentuh hatinya,  maka kamu akan dapat segalanya". Kemudian beliau melanjutkan pemaparannya dengan mengatakan bahwa “guru adalah seorang administrator,  apalagi guru PGMI. Calon guru PGMI harus mampu menguasai semua mata pelajaran dan harus serba bisa.”
Di bagian akhir, beliau  mengenalkan kepada mahasiswa PGMI tentang administrasi sekolah seperti Perencanaan program yg di dalamnya terdapat visi dan misi sekolah,  kemudian tujuan sekolah,  rencana kerja sekolah,  pelaksanaan rencana kerja,  dan banyak lagi yang lainnya.



Pelaksana Magang 1 dimulai dari tanggal 10 Maret sampai 12 Mei 2018. Sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk magang antara lain:

1. MIN 1 Kota Palangka Raya
2. MIN 2 Kota Palangka Raya
3. MIN 3 Kota Palangka Raya
4. SDN 2 Menteng
5. SDN 4 Menteng
6. SDN 5 Menteng
7. SDN 7 Pahandut
8. SDN 8 Menteng
9. MIS Muslimat NU
10.MIS Mutiara Insan


Pada setiap hari Sabtu tiap minggunya, mereka bertemu dengan Wakil Kepala Kurikulum untuk melihat dan mempelajari berbagai administrasi yang ada disekolah.



#Asri Mulandari17

Posting Komentar

0 Komentar